Cacti, software web based untuk monitoring jaringan

Cacti

Cacti merupakan sebuah software MRTG (Multi Router Traffic Grapher) web based yang menjadi solusi komplit untuk network graphing yang memanfaatkan penyimpanan data RRDTool dan fungsi grafik. Pada umumnya cacti digunakan untuk menampilkan graph dari suatu jaringan kebanyakan parameter bandwitdh used yang di-graph . Tak hanya itu cacti juga bisa menampilkan parameter “ping”, uptime dari sebuah hardware (misalnya server, router, access point, dll). Web Cacti bisa dikunjungi di link ini .

Halaman login cacti

Bagaimana cacti bekerja?

Cacti menggunakan Simple Management Protocol (SNMP) untuk mengirimkan request dengan dua Object Identifiers (OIDs) ke suatu device. Dimana device tersebut harus mengaktifkan SNMP di menu settingnya, akan mempunyai sebuah Management Information Base (MIB) untuk mencari OID yang telah ditentukan. Setelah mengoleksi informasi yang diperlukan SNMP akan mengirim raw data yang telah dienkapsulasi di SNMP protocol. Cacti akan merekam dan menyimpan data dari SNMP di sebuah log yang secara kontinyu. Lalu Cacti membuat file HTML dari log tersebut, dimana file HTML tersebut akan menampilkan secara detail trafik yang digraph dari device di server cacti.

Graphing Traffic of Device

Graphing Traffic of Device

Untuk saat ini saya tidak membahas cara untuk menginstal cacti di sebuah server, akan tetapi saya akan membahas plugin yang sering digunakan untuk membantu memonitoring trafik jaringan.

  1. Plugin Monitor.
    Plugin monitor digunakan untuk menampilkan menu monitor dimana menu tersebut tidak ada secara default di cacti. Plugin monitor membantu kita untuk lebih mempermudah memonitoring jaringan karena semua device yang digraph akan ditampilkan secara keseluruhan di sebuah page. Selain itu fitur dari plugin monitoring ini bisa menampilkan jika ada device yang down (mati / unaccessable) logo komputer yang sebelumnya berwarna hijau akan berubah menjadi merah. Plugin monitor ini juga menampilkan detail mengenai IP address, Ping, Last Fail, dan Availability.

    monitor

    Fitur dari plugin monitor, menampilkan semua device yang digraph

  2. Plugin Realtime
    Plugin Realtime berguna untuk menampilkan graph (ping/trafik) secara realtime, jadi kita bisa melihat trafik yang digunakan dalam real time dengan interval minimal 5 detik – 2 menit.

    Menampilkan trafik bandwitdh secara real time

    Menampilkan trafik bandwitdh secara real time

    written by : Devi Ari .L

Leave a comment